Modifikasi mobil pada kaki – kaki biasa dilakukan para pemilik mobil yang ingin merubah penampilan mobilnya. Terdapat banyak model dan gaya velg mobil, muilai dari jari – jari, palang hingga model monoblok. Untuk ukurannya ada 15 sampai 26 inch.

Bagi kalian yang ingin mengganti velg mobilnya pilih yang sesuai dengan karakter mobil kalian. Model yang bagus belum tentu sesuai dan proporsional dengan karakter mobil. Begitu pula dengan diameter serta lebar velg. 

 

Ganti Velg Mobil! Sesuaikan Dengan Karakter Mobil Kamu

Baca Juga : TREND MOBIL HYBRID YANG MENJAMUR DI SELURUH DUNIA

Mengganti Velg Mobil Sesuaikan Dengan Karakter Mobil

Berikut jenis – jenis velg yang pas dengan karakter mobil kalian :

1. City Car dan Hatchback

Untuk City Car dan Hatchback karena bodi yang cenderung mini dan kompak paling pas memakai model jari-jari atau palang yang tidak terlalu lebar. Efeknya akan menambah kesan sporty dan trendy. Mengenai ukuran bisa disesuaikan dengan lebar bibir spakbor. Jangan terlalu dipaksakan memakei ukuran velg yang terlalu besar, karena akan membuat mobil terkesan dipaksakan. Jika ingin menambah kamu bisa memasang velg maksimal ukuran yang dipasang 16 inch.

2. Sedan

Design mobil sedan masih mirip dengan city car. Kalian bisa menggunakan velg dengan model jari – jari yang rapat untuk tampil sporty. Sedangkan untuk medium sedan atau diatasnya akan tampil elegan dengan memakai model monoblok. Agar terlihat lebih elegan namun masih nyaman, untuk medium sedan bisa mengup grade diameter velg maksimal hingga 18 inci. Sedangkan model saloon maksimal bisa sampai 20 inci. Diameter velg bisa naik hingga 3 level dari standar.

3. SUV

Mobil jenis ini paling cocok bila memakai model palang. Baik model bintang maupun plang sejajar. Ubahan tersebut mampu memberikan kesan gagah dan macho. Agar serasi gunakan ban dengan profil yang agak tebal. Jika ingin menggunakan velg dengan lebar dan offset yang lebar perhitungkan ruang spakbor. Pastikan saat belok masih leluasa alias tidak mentok dinding dalam atau piringan penampang per bagian bawah. Untuk mobil kecil, lebar maksimum 7 inci, medium 8 inci dan saloon 10 inci.

Soal offset, disarankan posisi pelek harus sejajar dengan bibir fender. Toleransinya tambah atau kurang 2 poin dari standar. Misal, ukuran standar 40, bila posisi ingin lebih kedalam, maka angkanya harus lebih besar. Sebaliknya, ingin lebih menempel dengan bibir fender, angkanya lebih kecil. 

Baca Juga : TAMPIL BEDA, MODIFIKASI EKSTRIM MOBIL INI TIDAK DIKENALI MERK ASLINYA

Sekian informasi dari kami semoga bermanfaat. Bagi anda yang ingin mengganti velg mobilnya anda bisa datang ketoko kami Liberty Velg Mobil Surabaya atau ingin memesan bisa langsung kunjungi website kami.

Reverensi : otomotif.kompas.com